Desain Custome dan Fokus Penuhi Kebutuhan Konsumen, Begini Strategi Manajemen Operasional PT. Kreasi Boks Mandiri

Dikutip dari situs databoks, Indonesia menempati urutan pertama dengan proyeksi pertumbuhan  e-commerce tertinggi  di dunia pada 2024, di mana tingkat pertumbuhannya menyentuh angka 30,5%. Lajunya pertumbuhan e-commerce di Indonesia dapat meningkatkan permintaan akan produksi kemasan kardus yang kuat dan aman agar suatu produk dapat terlindungi selama pengiriman. Melihat peluang demikian, PT Kreasi Boks Mandiri menawarkan keunggulan yang kompetitif dan inovatif, seperti dapat membuat kemasan kardus yang disesuaikan pada kebutuhan atau keinginan pelanggan (custom), serta dengan menawarkan harga yang bersaing.

Perusahaan manufaktur bergerak dibidang pengemasan dan printing kardus atau kemasan corrugated carton box yang berkedudukan di Bandung. Perusahaan ini menawarkan kualitas dan harga yang sangat kompetitif dimana produk dan desainnya bisa disesuaikan dengan ukuran yang dibutuhkan oleh customer. Keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan ini adalah bisa mencetak dan memproduksi kemasan dus sampai 4 warna. 

Perusahaan menyediakan kardus/boks tanpa label atau logo yang bebas dicustom oleh konsumen. Berbagai desain ukuran dan gambar diserahkan kepada konsumen, konsumen dapat custome desain ukuran dan gambar/logo sesuai keinginan. Contoh desain ukuran boks yang dipesan oleh konsumen Box 165 x 28 x 55 K200, Box 151 x 30 x 46 K200, Box polos double wall 60x40x30 cm, Dus single polos 390 x 285 x 200. 

Desain proses fokus kustomisasi dimana kuantitas produksi yang besar dengan variasi produk yang tinggi, barang jadi dibuat sesuai dengan pesanan dari konsumen, untuk memproses variasi produk dari kustomisasi fleksibel tanpa mengorbankan efisiensi atau kualitas meskipun pesanan kustom memerlukan banyak instruksi dan penentuan jadwal yang cukup rumit untuk memproduksi pesanan tersebut. 

Biaya tetap dalam fokus kustomisasi cenderung tinggi karena mencakup sewa bangunan, gaji karyawan, utilitas, perawatan lalu depresiasi peralatan dan mesinnya yang tidak tergantung pada volume produksi. Di sisi lain, biaya variabel bisa rendah karena hanya terjadi saat produk kustom benar-benar diproduksi, termasuk bahan baku dan sumber daya yang digunakan untuk setiap pesanan kustom.

PT. Kreasi Box Mandiri menerapkan sistem pre-order dalam proses produksinya sehingga produk akan dibuat setelah ada permintaan langsung dari konsumen. Dengan demikian perusahaan dapat menghindari overproduksi dan meminimalkan risiko penumpukan stok yang tidak terjual, sehingga meningkatkan efisiensi operasional dan responsivitas terhadap kebutuhan pasar yang berubah-ubah. Strategi tersebut diterapkan oleh perusahaan agar konsumen dapat menyesuaikan desain kardus sesuai dengan permintaan konsumen yang spesifik, sehingga memungkinkan perusahaan untuk menyediakan kardus dengan kemasan yang sesuai dengan preferensi konsumen tanpa perlu menghadapi masalah overstock atau pemborosan dalam proses produksi.

Pada PT. Kreasi Boks Mandiri melakukan beberapa strategi, dimana strategi tersebut untuk meningkatkan kualitas dari produk yang dijual salah satunya pada strategi pemasaran. PT. Kreasi Boks Mandiri melakukan beberapa strategi pemasaran yaitu dengan melalui kerja sama dengan Perusahaan digital. Perusahaan tersebut yang akan mengolah terkait website, sosial media dan youtube, untuk melakukan branding agar produk yang dijual bisa lebih dikenal dan meningkatkan angka penjualan pada perusahaan.

Keberhasilan PT Kreasi Boks Mandiri dalam mempertahankan dan menjalankan usahanya didukung oleh pemilihan lokasi yang tepat.  Lokasi memiliki dampak yang besar pada keseluruhan risiko dan laba perusahaan. Adapun pertimbangan perusahaan ini dalam pemilihan lokasi pabrik, diantaranya : lokasinya yang strategis, dekat dengan Kota dan kabupaten, dekat dengan Supplier yang berada di Rancaekek, sewa tempat yang murah, biaya listrik yang rendah, jarak PT dengan tempat tinggal karyawan cenderung dekat, kawasan produksi, dengan kata lain target pasar yang mumpuni karena berada di tengah-tengah kawasan industri, dan akses kendaraan cukup mudah dilalui.

Selain itu, keberhasilan PT Kreasi Boks Mandiri juga didukung oleh tata ruang di mana mempertimbangkan pertukaran antara ruang dan penanganan material. Perusahaan ini memiliki 2 gudang yang dimana 1 gudang digunakan jika ada pesanan 5.000 atau lebih  (pemesanan dengan jumlah besar) sedangkan 1 gudang lain digunakan untuk pemesan dengan jumlah kecil yaitu jika ada pesanan dengan jumlah 200 – 5.000. 

Metode tata ruang gudang yang digunakan PT Kreasi Boks Mandiri ini adalah Tata letak berdasarkan FIFO (first in first out) yang dimana barang yang pertama masuk gudang harus menjadi yang pertama keluar gudang. Perusahaan menggunakan konsep dalam layout gudang yaitu Cross Docking adalah cara menghindari penempatan bahan atau pasokan dalam gudang dengan cara memproses secara langsung disaat diterima. 

Layout (tata ruang) PT Kreasi Boks Mandiri dari mesin satu ke mesin yang lain jika melakukan perpindahan cukup mudah, sebab jarak/layout antar mesin berdekatan sehingga memudahkan dalam proses produksi. Perpindahan/pergantian layout dilakukan apabila perusahaan sedang menerima banyak pesanan, tetapi untuk mesin tidak dipindahkan, melainkan bahan untuk produksi yang dipindahkan.

Tim Penulis dan Editor : Puti Halila, Siti Riska, Bunga Amalia Zakie, Devi Putri Mulyaresti, Lisani Rahmawati Choironi, Lilik Juliati Agustin, Khairunnisa Najla

Scroll to Top