Perjalanan Amelia Bersama PT Paragon : Tumbuh untuk Bermanfaat 

”Hi Everyone! I’m Amelia and I wanna share my story as a Customer Business Development Intern at PT. Paragon Technology and Innovation”

Amelia, merupakan mahasiswa angkatan 2021 dari Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia. Menjadi salah satu mahasiswa yang diterima dalam program MSIB Batch 6 telah memberinya banyak kesempatan untuk belajar dan berkembang. Posisinya pada program MSIB Magang Bersertifikat Batch 6 di PT Paragon Technology adalah sebagai Cirebon – Assistant Customer Business Development Intern. 

Berawal dari rasa penasarannya saat itu berada di semester empat tentang program MBKM karena melihat kakak tingkat banyak mengikuti program ini. Amelia tertarik dan mulai mencari informasi lebih lanjut tentang MBKM sekaligus sebagai persiapan saya di semester selanjutnya. Pihak kampus dan juga prodi sangat mendukung mahasiswa-nya untuk mengikuti MBKM, sehingga banyak memberikan informasi dan sosialisasi tentang kebijakan program MBKM terbaru. 

Setelah itu, ia mengikuti akun instagram resmi Kampus Merdeka dan Magang Merdeka untuk mengetahui informasi dan timeline kegiatan. Memasuki semester 5, pihak Kampus Merdeka sudah mulai bersiap untuk membuka program dan mengadakan sosialisasi. Setelah berdiskusi dengan berbagai pihak dan mengenali diri sendiri, saya memutuskan untuk mengikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MISB) karena sesuai dengan arah minat ke depannya. Pendaftaran program MSIB Batch 6 dibuka pada akhir bulan Oktober 2023, ia mulai menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan sebelum mendaftar ke mitra perusahaan. Persiapan jangka panjang seperti pengalaman dan sertifikat organisasi sudah dikumpulkan  dan bisa dicantumkan ke dalam CV. 

Setelah itu, Amelia melakukan persiapan jangka pendek seperti membuat CV, mengumpulkan data pribadi yang dibutuhkan, transkrip nilai, dan mengajukan SR SPTJM digital sebagai syarat untuk mendaftar kegiatan MSIB. Semua persiapan dilakukan sebaik dan semaksimal mungkin agar mendapatkan panggilan dari mitra dan mendapatkan hasil yang terbaik. Setelah semua syarat terpenuhi, ia memanfaatkan 22 kuota yang diberikan untuk mendaftar ke perusahaan impian dan perusahaan yang relevan dengan minat dan kemampuan saya. Pendaftaran ditutup dan proses selanjutnya adalah seleksi dan offering oleh mitra.

Setelah melakukan tes dan interview dengan beberapa mitra, akhirnya Amelia mendapatkan offering dari PT Paragon Technology and Innovation untuk posisi Customer Business Development. Untuk proses seleksi yang diadakan Paragon terdiri dari CV Screening, online test, dan interview user. Setelah lolos CV Screening, Paragon akan menghubungi mahasiswa via email untuk tahapan berikutnya yaitu online test. Tes yang ia kerjakan terdiri dari dua jenis yaitu Self Assessment dan psychological Assessment. Setelah lolos pada dua tes tersebut, Paragon menghubunginya kembali via email untuk jadwal dan link interview yang akan dilakukan bersama user atau karyawan yang akan menjadi mentornya. Tahap terakhir adalah interview dengan topik pertanyaan yang tidak jauh berbeda dari interview pada umumnya. 

Jika lulus pada semua tahapan, pihak Paragon akan mengirimkan email tentang offering yang berisi penjelasan jam kerja dan konfirmasi kepada mahasiswa apakah akan menerima atau menolak offering tersebut. Perasaannya saat mendapatkan email offering magang dari Paragon pastinya kaget, senang, dan sangat bersyukur karena bisa lolos di perusahaan impiannya. Amelia langsung memberikan balasan email berupa konfirmasi bahwa saya menerima offering tersebut dan pada esok harinya dikirimkan offering official melalui Kampus Merdeka. Menjadi salah satu dari 216 mahasiswa yang diterima dari 43.309 pelamar dan menjadi bagian dari salah satu perusahaan FMCG terbesar di Indonesia membuatnya selalu merasa bersyukur karena banyak mempelajari beberapa keterampilan dan wawasan baru yang berharga, mempelajari hal-hal baru setiap hari dan berkembang sebagai seorang profesional.

Posisi saya pada program MSIB Magang Bersertifikat Batch 6 di PT Paragon Technology adalah sebagai Cirebon – Assistant Customer Business Development Intern. Posisi ini merupakan posisi di mana mahasiswa akan melaksanakan praktik kerja secara langsung di lingkungan Distribution Center. Saya mendapatkan pengalaman dengan terlibat secara langsung dalam proses bisnis dan cara kerja CBD untuk mengembangkan strategi pemasaran, mulai dari bertemu klien, menganalisa data bisnis, membuat promo, menciptakan dan mengaktifkan permintaan. Amelia juga mengerjakan projek riil yang berkaitan dengan CBD. Selama menjalani kegiatan magang selama kurang lebih lima bulan, banyak pengembangan kompetensi yang sudah dirasakan yaitu tentang Project Management, Collaboration Skill, Problem Solving, Communication Skill, dan Analytical Skill. Saya juga berkontribusi dalam menyiapkan kegiatan internal perusahaan, seperti ulang tahun Paragon, Buka Bersama, dan Halal Bihalal.

Lima bulan terasa singkat. Pada akhirnya ia harus kembali lagi ke kampus untuk menyelesaikan kuliahnya. Banyak pengalaman yang ia dapatkan selama mengikuti magang di Paragon yang tentunya akan menjadi bekal kedepannya dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Paragon mengajarkannya agar tumbuh untuk bermanfaat karena kita akan berguna jika kita bisa memberikan manfaat kepada orang lain. Harapannya tentang program MBKM, khususnya MSIB adalah semoga program tersebut bisa terus berjalan. Karena MSIB merupakan salah satu program Kampus Merdeka yang bertujuan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mencari pengalaman di dunia nyata. Harapannya dengan adanya program MSIB ini dapat mengurangi kesenjangan antara ketersediaan SDM Berkualitas dengan Permintaan Industri. Dengan mengikuti program MSIB, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja dan menyelesaikan proyek nyata, serta dapat terlibat langsung dalam proses bisnis dan usaha di berbagai mitra yang telah bekerja sama dengan pihak Kampus Merdeka.

Scroll to Top